March 3, 2018

Hewan yang Kamu Sepelekan, Dapat Mengancam Jiwamu!

 

Hasil gambar untuk nyamuk bunyi

Nyamuk tidak hanya pada suaranya yang membisingkan, atau sengatannya yang terkadang terasa sakit, gatal ataupun luka, ternyata hewan ini menyebarkan penyakit menular dan mematikan.

Tahukah Kamu tidak semua nyamuk makan darah?

Nyamuk pejantan hanya mengambil makanan dari serbuk sari bunga saja,tidak mengambil makanan dari darah. Selain itu nyamuk pejantan juga tidak memiliki alat untuk menusuk mangsa.

Gambar terkait

Berbeda dengan nyamuk betina yang memiliki mulut (belalai) yang digunakkan untuk menembus kulit manusia dan hewan yang memiliki darah segar untuk menjadi makanannya.

Nyamuk betina ini lebih memilih darah karena darah sebagai sumber protein yang cukup banyak untuk menghasilkan telur.

Gambar terkait

Ketika nyamuk betina mengambil darah disitulah penyebaran penyakit melalui cairan liur nyamuk yang mengandung bakteri atau parasit seperti parasit falaria yang menyebabkan penyakit kaki gajah, dan lainnya.

Allah SWT Berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

“Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?”. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.”(Al-Baqarah:26)

Dari ayat tersebut Allah hanya ingin menunjukkan kepada kita kehebatan dan kekuasaan-Nya dan kelemahan kita melawan mahluknya yang paling lemah sekaligus menunjukkan bahaya besar yang dibawa hewan kecil ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ayah/Bunda .. Ingin bertanya seputar kegiatan membaca ananda atau butuh info cepat seputar buku di Pustakazarin.com ? Ayo chat kami.. :)

Chat with us on WhatsApp